Menu
Rahimsehat.com

Ingin Kirim Barang Dari Singapore Ke Indonesia? Cek Dulu 3 Hal Berikut

Melejitnya pasar e-commerce yang memasarkan produk impor membuat banyak importir bertekad untuk meningkatkan angka belanja. Tidak sedikit para perusahaan yang melirik produk dari negeri Merlion dan merencanakan kirim barang dari singapore ke indonesia. Apakah mudah? Tentunya tidak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai hal tersebut. 

Ketahui Terlebih Dahulu Regulasi Dan Peraturan Negara
Bisa dikatakan proses impor ekspor akan berkaitan erat dengan regulasi negara. Proses, sistem, aturan hingga pajak untuk pengiriman barang dari dan ke luar negeri akan lebih rumit daripada lokal. Dalam hal melakukan impor dari negeri tetangga, maka ada baiknya Anda mengenal regulasi bea dan cukai Indonesia plus Singapura yang rumit. 


Ketahui sistem birokrasi pemerintahan Indonesia yang begitu ketat dalam hal pengecekan produk impor. Tidak jarang pihak bea dan cukai akan membongkar barang demi melakukan pengecekan mendetail. Bea dan cukai juga berkaitan dengan peraturan pajak yang beragam, yang mana harus dikenal dengan baik agar Anda bisa menyeimbangi seluruh aktivitas impor. 


Kenali Strategi Pengiriman Terbaik
Bagi Anda yang tertarik dalam industri ini sebagai upaya untuk memulai e-commerce, kirim barang dari singapore ke Indonesia perlu strategi yang matang. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah intensitas akan aktivitas impor. Seberapa banyak barang yang harus Anda impor? Berapa kuantitas dan bagaimana kualitas pasar dari negara Merlion tersebut? 


Jika Anda menemukan titik terang akan proses jual beli dari negara ini, tidak ada salahnya untuk gencar melakukan impor tersebut. Lakukan dengan baik analisis akan pasar barang dari singapore yang masuk ke Indonesia. Temukan sistem dan proses kirim terbaik, sehingga Anda bisa mendapatkan proses impor yang menguntungkan baik untuk diri Anda atau pihak konsumen. 


Lakukan Perhitungan Biaya dan Proses Dengan Teliti    
Jika tarif untuk pengiriman di lokal saja sudah cukup tinggi, maka jangan kaget dengan harga selangit untuk impor dari negara lain. Singapore memang hanya negara tetangga, yang mana biaya kirimnya tidak akan lebih jauh dari negara yang jauh di sana. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih memahami dan teliti akan biaya kirim barang dari singapore ke Indonesia.  


Untuk ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan proses pengiriman. Yakni biaya untuk kirim, pengemasan, pajak, penanganan, bea cukai, dan lain sebagainya. Sistem kirim yang ditawarkan dari penyedia jasa bisa saja berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan kredibilitas, kepercayaan, dan juga sistem tarif yang dibebankan oleh suatu ekspedisi. 


Di sinilah Anda mesti lebih pintar dalam memilih penyedia jasa importir, terutama untuk Anda yang ingin memulai bisnis e-commerce. Disarankan untuk memilih importir yang telah memiliki nama atau setidaknya memiliki layanan beragam terpercaya. Seperti contohnya adalah post Indonesia, singapore post, HSH, atau TNT. 


Setelah memilih jasa yang menerima impor, Anda juga harus melakukan cek ongkos dan tracking. Cari tahu apakah tarif telah termasuk bea cukai, adakah biaya tambahan, atau pajak? Suatu jasa yang telah terpercaya biasanya akan menyediakan fitur cek tarif dan tracking untuk mengetahui posisi atau status dari item yang ada di layanan kirim barang dari singapore ke Indonesia. 


Bisa dikatakan, memulai usaha untuk jual beli barang dari luar negeri memang membutuhkan ilmu yang luas. Terutama berkaitan dengan regulasi negara, strategi impor, dan juga hitungan tarif yang akan dibebankan. Mengenal deretan aturan akan pajak dan biaya akan membantu sistem dan proses impor lebih terjangkau. Anda pun dapat menghindari risiko negatif dari industri ini.