Menu
Rahimsehat.com

Info Seputar Tindakan Medis dengan Nebulizer Menurut SehatQ.com

Nebulizer merupakan salah satu alat medis yang dikenal untuk mengubah dari berbentuk cair hingga menjadi uap, sehingga bisa dihirup oleh pasien. Alat ini berbentuk menyerupai organ mulut yang membuat obat lebih mudah dihirup ke saluran pernapasan. Berikut ulasan mengenai alat medis satu ini.
Biaya yang Dikeluarkan untuk Nebulizer.

 

Tindakan medis menggunakan alat ini membutuhkan biaya yang bervariasi, tergantung pada kebijakan rumah sakit. Proses nebulasi di rumah sakit pada umumnya memakan biaya yang berkisar mulai dari Rp.140.000, namun tidak termasuk pembelian alatnya.


Alat yang bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan ini dipatok dengan harga mulai dari Rp.400.000 hingga Rp.2.000.000. Perbedaan harga ini tentu saja dikarenakan adanya spesifikasi tertentu yang membuat alat untuk mengeluarkan obat tersebut menjadi lebih mahal.


Pentingnya Pemberian Obat dengan Alat Ini
Alat medis berupa nebulizer ini akan memudahkan pasien dalam menghirup obat, karena akan diubah menjadi bentuk uap. Hal ini terutama pada saat pasien sedang mengalami asma, sehingga membutuhkan alat bantu untuk menghirup obat agar lebih mudah.


Pada saat terjadi asma atau infeksi akan terjadi penyempitan pada saluran pernafasan, sehingga dibutuhkan alat bantu yang bisa digunakan untuk menghirup obat. Penggunaan alat ini lebih efektif jika dibandingkan dengan inhaler, sebab pasien masih biasa menghirup nafas dengan cara biasa saja.


Obat yang Dapat Diberikan Melalui Tindakan Medis Ini
Ada beberapa obat yang diberikan menggunakan tindakan medis ini untuk mengatasi masalah pernafasan. Obat ini akan diubah menjadi uap yang mudah untuk dihirup agar pernafasan kembali lancar. Berikut adalah beberapa jenis obat yang dapat diberikan melalui alat ini.


Saline
Saline merupakan obat yang mempunyai fungsi utama untuk membuka saluran pernafasan agar kembali lancar. Di samping itu, obat ini juga berfungsi membantu pasien untuk mengencerkan dahak agar bisa dikeluarkan dengan mudah melalui batuk.


Bronkodilator
Jenis obat kedua yang bisa dimasukkan ke dalam alat ini adalah bronkodilator sebagai alternatif untuk membantu melancarkan pernafasan. Bronkodilator merupakan obat yang biasa diberikan kepada penderita gangguan pernafasan, seperti asma dan gangguan paru-paru.


Antibiotik
Obat terakhir yang dapat diberikan melalui alat ini adalah antibiotik, yaitu agar bisa langsung masuk ke saluran pernafasan dan paru-paru. Antibiotik akan diberikan kepada pasien yang sudah mengalami gangguan berat atau bahkan infeksi pada saluran pernafasannya.


Pengguna Nebulizer
Alat pembantu pernafasan ini akan diberikan kepada pasien yang tidak dapat menggunakan inhaler. Pada umumnya dokter akan memberikan tindakan menggunakan alat tersebut kepada bayi, anak-anak, dan penderita penyakit saluran pernafasan dalam tahap berat.


Dokter tidak mengizinkan penggunaan alat ini secara sembarangan, melainkan disertai dengan pemberian resep obat. Pasien dengan gangguan pernafasan paru-paru, asma, dan bronkitis biasanya akan disarankan menggunakan alat medis ini karena memudahkan dalam menghirup obat.


Durasi Penggunaan Nebulizer
Tindakan medis menggunakan alat ini akan diatur oleh dokter mengenai berapa lama durasinya, namun biasanya akan berbeda antar pasien. Dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu mengenai kondisi pasien untuk mengetahui intensitas waktu yang dibutuhkan pada saat menggunakan alat ini.


Cara Mensterilkan Nebulizer
Cara untuk mensterilkan alat medis ini cukup mudah, yaitu dengan merendam semua komponen yang sudah dilepas dengan larutan khusus. Alternatif lainnya adalah menggunakan campuran air panas dan cuka. Lakukan perendaman alat ini selama satu jam.


Perlu diketahui bahwa tidak semua fasilitas kesehatan menyediakan tindakan medis yang satu ini. Info daftarnya bisa Anda cek di sehatQ.com


SehatQ.com adalah situs tempat Anda bisa menemukan berbagai informasi mengenai dunia medis. Bukan hanya terkait pengobatan, disini juga ada berbagai tips hingga rekomendasi pengobatan. Bahkan, Anda bisa menemukan fasilitas kesehatan maupun daftar spesialis dokter melalui situs ini.